cover
Contact Name
Mustamin
Contact Email
japend@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
japend@uho.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Amal Pendidikan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27213668     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/japend
Core Subject : Education,
Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Keteknikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bimbingan Konseling, Pengembangan Kurikulum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020" : 14 Documents clear
Keterkaitan Literasi Dengan Adaptasi Mahasiswa Di Masa Pandemik Imelda Ratih Ayu
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13214

Abstract

Adaptasi merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh mahasiswa agar dapat menjalani perubahan sistem belajar di masa pandemik dengan baik. Ketika mahasiswa tidak mampu beradaptasi dengan perubahan akan berdampak pada tidak teraturnya kegiatan belajar, cemas , dan stress akademik. Literasi diperkirakan akan berkaitan dengan mampu tidaknya mahasiswa beradaptasi. Penelitian bertujuan untuk membuktikan menggambarkan adanya keterkaitan antar dua variabel tersebut. Metode penelitian korelasional digunakan dalam penelitian ini, dengan membagikan angket kepada 30 orang sampel, teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Instrumen penelitian menggunakan skala likert mengenai proses adaptasi yang dilakukan responden, dan kegiatan literasi yang dilakukan  responden, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan adaptasi mahasiswa berkaitan erat dengan aktivitas literasi yang dilakukan mahasiswa, terbukti dengan  rxy = 0.489 >  rtabel = 0.463 pada taraf nyata 1%.  Penelitian merekomendasikan untuk literasi lebih digalakan pada mahasiswa, terutama literasi digital. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan dan mengujicobakan model literasi digital berdasarkan konsep Bawden.
Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Berbasis Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Yane Yane
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.11950

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari dengan memanfaatkan lingkungan sekolah kombinasi model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari yang berjumlah 32 orang siswa dengan latar belakang yang heterogen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan pada nilai rerata siswa juga telah mengalami peningkatan dari 67,28 pada observasi awal, 73,68 pada siklus pertama, dan 87.93 pada siklus kedua. Persentase ketuntasan belajar siswa juga telah mengalami peningkatan yaitu pada observasi awal sebesar 56,33%, siklus pertama sebesar 72,5%, dan  97,14% pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 85 Kendari pada mata pelajaran IPA.
Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor Nurul Idhayani; Dwi Kurniawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13459

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan  kemampuan  kerjasama anak  melalui  permainan  tradisional  gobak sodor pada anak Kelompok B di TK Mekar Sari Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan  dalam  2  (dua)  siklus  pembelajaran  yang  masing-masing  siklus terdiri 2 kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Mekar Sari Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe yang berjumlah 20 anak didik yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Hasil penelitian pada observasi awal memiliki ketuntasan klasikal sebesar 40% yaitu hanya 8 anak didik. pada siklus I menjadi 13 anak didik (65%), selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 18 anak didik (90%) dan telah melampaui standar indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%. Hasil ini menunjukkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B di TK Mekar Sari Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional gobak sodor.
Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Muh. Rasyid
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.11948

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VSD Negeri 84 Kendari  dalam menyelesaikan soal panjang sisi miring pada segitiga siku-siku melalui model problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 84 Kendari dengan jumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan tes hasil belajar. Indikator kinerja yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa yaitu minimal 75% siswa telah memperoleh nilai 6,0. Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap tindakan dalam penelitian ini, diperoleh data pada siklus I pertemuan pertama dan kedua mendapat rata-rata nilai siswa sebesar 60,74 dan 74,07. Nilai rata-rata siswa pada siklus II pertemuan pertama dan kedua sebesar 80 dan 84,44. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa kelas V SD Negeri 84 Kendari dalam menyelesaikan soal panjang sisi miring pada segitiga siku-siku dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran problem solving.
Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak Ika Rizki Ramadhani; Irfai Fathurohman; Much. Arsyad Fardani
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan smartphone berkelanjutan pada masa pandemi covid-19 terhadap perilaku anak. Efek penggunaan smartphone adalah suatu dampak atau pengaruh yang bisa menguntungkan atau merugikan yang timbul sebagai hasil dari suatu kebiasaan memakai smartphone. Sedangkan perilaku anak yang menggunakan smartphone adalah segala perbuatan atau tindakan yang dilakukan anak terhadap pemakaian smartphone. Efek penggunaan smartphone yang berkelanjutan pada masa pandemi covid-19 ini menimbulkan efek yang buruk terhadap perilaku anak jika tidak diimbangi dengan pengawasan yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Damaran Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek orangtua anak dan anak pengguna smartphone sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone oleh anak didasari karena kebutuhan individual apalagi saat masa pandemi covid-19 ini pembelajaran anak semuanya serba online. Smartphone dapat menjadi sarana pembelajaran dan hiburan bagi anak karena menyediakan banyak informasi yang dibutuhkan. Selain hal yang menguntungkan tersebut, penggunaan smartphone yang berkelanjutan ini  menimbulkan efek yang buruk pula bagi perilaku anak.
Efek Pemberian Penyuluhan Pencegahan Perundungan Secara Daring Terhadap Karakter Kewarganegaraan Siswa Evi Susilawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek pemberian penyuluhan pencegahan perundungan secara daring terhadap karakter kewarganegaraan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada masa orientasi siswa di tahun pelajaran 2020/2021 yang dilakukan secara daring. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen pencegahan perundungan dan instrumen karakter kewarganegaraan dengan menggunakan skala likert. Metode pengumpulan data pencegahan perundungan dan karakter kewarganegaraan siswa dengan cara membagi kuesioner pada responden secara daring dan mengisinya pada google formulir. Sebelum kuesioner diberikan kepada responden, instrumen pencegahan perundungan dan karakter kewarganegaraan siswa terlebih dahulu diuji kehandalannya dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis  data pada penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Sebelum uji hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil pengujuan hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh data dengan nilai signifikan sebesar 0.046 yang mana 0.046 lebih kecil dari nilai porbabilitas 0,05 maka Ha diterima dan dapat simpulkan terdapat Efek Pemberian Penyuluhan Pencegahan Perundungan Secara Daring (X) terhadap Karakter Kewarganegaraan Siswa (Y).
Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Etrianti Etrianti
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.11939

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang dengan menggunakan lantai kelas sebagai media pembelajaran lingkugan sekitar siswa telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Dari pemberian tes siklus I diperoleh data hasil belajar siswa dengan nilai  rata-rata 6,60 serta banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal 14 siswa (46,67%). Pada siklus II nilai rata-rata tes siswa 7,63 serta banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal 25 siswa (83,33%). Hasil rata-rata tes yang diperoleh pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,66%.
Pengaruh Tipe Soal Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas Noor Lailah Sahlan; Abdul Rahman A. Ghani; Ernawati Ernawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh tipe soal pilihan ganda terhadap skor hasil belajar biologi siswa, pengaruh jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi siswa, dan interaksi antara tipe soal pilihan ganda dengan jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental (percobaan semu)  dan menyerupai model faktorial 2x2. Lokasi penelitian yaitu di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Pengujian persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan melalui teknik analisis  varians (ANOVA) dua jalur menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian  membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh tipe soal pilihan ganda terhadap skor hasil belajar biologi, (2) terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi, dan (3) tidak terdapat interaksi antara tipe soal pilihan ganda dengan jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi pada tingkat signifikansi α = 5%.
Classroom Interaction on English for Nurses (EFN) Class Putu Rusanti
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13233

Abstract

English for specific purposes or ESP is an approach for teaching English in other fields. Teaching English for Nurses (EFN) need sufficient effort since there are many terminologies related to nursing. The purpose of this study is to identify the types of classroom interaction on English for Nurses (EFN) class and to describe the students’ perception on classroom interaction during language interaction process on English for Nurses (EFN) class. This study used video recorder and questionnaires as the instrument to collect the data. The data were in the form of recording and interviewing. The result of the study found that the interaction involved teacher talk, students talk, and silence. Teacher talk consisted of accept feeling, praise and encourage the students, accept or uses ideas of students, ask question, lecturing, giving direction, criticizing or justifying authority. Students talk involved students talk response, students talk initiation, and silence. Based on the result of questionnaires, 42.3% of them agreed with the statement related perception on classroom interaction. It means that the students had positive response in the process of teaching and learning classroom.
Profil Kemampuan Numerik Siswa SMP Hendriani Hendriani; Kadir Kadir; La Masi; Salim Salim
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i2.13853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan numerik pada siswa SMP Negeri 2 Sampolawa pada tiap indikator kemampuan numerik, dan mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan numerik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sampolawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik total sampling. Teknik pengambilan data dengan cara pemberian tes kemampuan numerik yang berbentuk pilihan ganda, essay, dan wawancara. Triangulasi pada penelitian ini menggunakan triangulasi data dengan membandingkan hasil analisis jawaban tes kemampuan numerik dan hasil wawancara. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerik siswa SMP Negeri 2 Sampolawa masih sangat rendah, kemampuan numerik rendah pada soal pilihan ganda dengan  persentase 16,36%, sedangkan pada soal essay 87,27%, kategori sedang pada soal pilihan ganda dengan persentase 49,09% sedangkan pada soal essay 10,9%, kategori tinggi soal pilihan ganda dengan persentase 34,54% sedangkan soal essay 1,81%. Secara umum siswa mengalami kesulitan dalam  menyelesaikan soal-soal essay.

Page 1 of 2 | Total Record : 14